Sabtu, 28 Februari 2009

Bagian 1

PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MODEL PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI JPTE FPTK UPI

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan e-learning ?

Menurut Allan J. Henderson, e-learning adalah pembelajaran jarak jauh yang menggunakan teknologi komputer, atau biasanya Internet (The e-learning Question and Answer Book, 2003). Henderson menambahkan juga bahwa e-learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran di kelas. William Horton menjelaskan bahwa e-learning merupakan pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari Internet kapanpun, dimanapun, dan siapapun (http://www.sinarharapan.co.id/ekonomi/mandiri/2004/).

E-learning memungkinkan pembelajar untuk menimba ilmu tanpa harus secara fisik menghadiri kelas. Dengan cara ini, jumlah pembelajar yang bisa ikut berpartisipasi bisa jauh lebih besar dari pada cara belajar secara konvensional di ruang kelas (jumlah siswa tidak terbatas pada besarnya ruang kelas). Teknologi ini juga memungkinkan penyampaian pelajaran dengan kualitas yang relatif lebih standar dari pada pembelajaran di kelas yang tergantung pada “mood” dan kondisi fisik dari instruktur. Berdasarkan perkembangannya, apa yang disebut “cyber teaching” atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Menurut Rosenberg (2001; 28 dalam http://www.bloggaul.com/yannugrohosaleh/), e-learning merupakan satu penggunaan teknologi internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas yang berlandaskan tiga kriteria yaitu:

a. e-learning merupakan jaringan dengan kemampuan untuk memperbaharui,
menyimpan, mendistribusi dan membagi materi ajar atau informasi

b. pengiriman sampai ke pengguna terakhir melalui komputer dengan
Menggunakan teknologi internet yang standar

c. memfokuskan pada pandangan yang paling luas tentang pembelajaran di
Balik paradigma pembelajaran tradisional.

2. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) apa saja yang digunakan untuk mendukung terlaksanannya e-learning ?

Peralatan yang digunakan dalam pembelajaran e-learning antara lain:

a. computer

b. koneksi internet

c. video player

d. audio player

e. televise (kalau perlu)

f. dan sebagainya tergantung kebutuhan.

3. Sebutkan karakteristik bahan pembelajaran yang mendukung terlaksanannya e-learning !

Karakteristik dalam pembelajaran E-learning barang tentu adalah komputer dan koneksi internet. Dalam prakteknya e-learning memerlukan bantuan teknologi. Karena itu dikenal istilah: computer based learning (CBL) yaitu pembelajaran yang sepenuhnya menggunakan komputer; dan computer assisted learning (CAL) yaitu pembelajaran yang menggunakan alat bantu utama komputer.

Sedangkan Rosenberg (2001, dalam http://www.puslitjaknov.depdiknas.go.id) mengkatagorikan tiga kriteria dasar yang ada dalam e-learning. Pertama, e-learning bersifat jaringan, yang membuatnya mampu memperbaiki secara cepat, menyimpan atau memunculkan kembali, mendistribusikan, dan sharing pembelajaran dan informasi. Kedua, e-learning dikirimkan kepada pengguna melalui komputer dengan menggunakan standar teknologi internet. Ketiga, e-learning terfokus pada pandangan pembelajaran yang paling luas, solusi pembelajaran yang menggungguli paradikma tradisional dalam pelatihan.

4. Berikan gambaran secara singkat tentang belajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT based learning) !

Kegiatan belajar mengajar yang menggunakan teknologi informasi sebagai bahan ajar, media, maupun penyampaiannya. Sama halnya dengan e-lerning bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan ini berbasis pada informasi secara visual maupun audio visual dan tentunya juga menggunakan perangkar/device yang menunjang untuk melakukan ICT based learning.

5. Jelaskan perbedaan antara e-learning model dan mobil learning model !

Istilah mobile learning (m-Learning) mengacu kepada penggunaan perangkat/device teknologi informasi (TI) genggam dan bergerak, seperti PDA, telepon genggam, laptop dan tablet PC dalam pengajaran, dan pembelajaran. M-Learning merupakan bagian dari electronic learning (e-Learning) sehingga, dengan sendirinya, juga merupakan bagian dari distance learning (d-Learning). Untuk lebih jelas dapat dilihat dalam gambar berikut.

Gambar 1. Skema dari bentuk m-Learning (http://mtamim.files.wordpress.com/2008/12/mlearn_tamim.pdf.)

6. Jelaskan manfaat yang dapat diperoleh bagi siswa dan guru dalam penerapan e-learning model !

Ada beberapa manfaat pembelajaran elektronik atau e-learning, diantaranya adalah:

  1. Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
  2. Bertambahnya Interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (interactivity enhancement).
  3. Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).
  4. Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

Manfaat e-learning juga dapat dilihat dari 2 sudut pandang :

  1. bagi siswa

Dengan kegiatan e-Learning dimungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar yang tinggi. Artinya, kita dapat mengakses bahan-bahan belajar setiap saat dan berulang-ulang. Selain itu kita juga dapat berkomunikasi dengan guru/dosen setiap saat, misalnya melalui chatting dan email. Mengingat sumber belajar yang sudah dikemas secara elektronik dan tersedia untuk diakses melalui internet, maka kita dapat melakukan interaksi dengan sumber belajar ini kapan saja dan dari mana saja, juga tugas-tugas pekerjaan rumah dapat diserahkan kepada guru/dosen begitu selesai dikerjakan.

  1. bagi guru

Dengan adanya kegiatan e-Learning manfaat yang diperoleh guru/dosen antara lain adalah bahwa guru/dosen/ instruktur akan lebih mudah melakukan pembaruan materi maupun model pengajaran sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi, juga dapat dengan efisien mengontrol kegiatan belajar siswanya.

7. Sebutkan beberapa kriteria yang yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan untuk e-learning !

Kriteria pemilihan bahan ajar untuk e-learning adalah segala bentuk konten baik teks, audio, foto, video, animasi, dll yang dapat digunakan untuk belajar. Ditinjau dari subjeknya, bahan ajar dapat dikatogorikan menjadi dua jenis, yakni bahan ajar yang sengaja dirancang untuk belajar dan bahan yang tidak dirancang namun dapat dimanfaatkan untuk belajar. Banyak bahan yang tidak dirancang untuk belajar, namun dapat digunakan untuk belajar, misalnya kliping koran, film, sinetron, iklan, berita, dll. Karena sifatnya yang tidak dirancang, maka pemanfaatan bahan ajar seperti ini perlu diseleksi sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Bahan belajar yang dirancang adalah bahan yang dengan sengaja disiapkan untuk keperluan belajar. Ditinjau dari sisi fungsinya, bahan ajar yang dirancang dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu bahan presentasi, bahan referensi, dan bahan belajar mandiri. Sedangkan ditinjau dari media, bahan ajar dapat kelompokkan menjadi bahan ajar cetak, audio, video, televisi, multimedia, dan web.

8. Persyaratan dan kualifikasi apa yang harus dipenuhi bagi seorang guru dan siswa supaya dapat melaksanakan e-learning !

Persyaratan dan kualifikasi minimal yang harus dipenuhi guru dan siswa adalah penguasaan tentang teknologi informasi dan komunikasi. Karena TIK merupakan sarana tercapainya keberhasilan dalam pembelajaran e-learning. Mustahil jika guru dan murid tidak menguasi TIK maka pembelajaran e-learning tidak akan efektif.

Menurut Murtiyasa dalam artikelnya yang berjudul “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika”, penerapan e-learning memerlukan sumber daya yang memadai, khususnya sumber daya manusia. Dari sisi sumber daya manusia, pelaksanaan e-learning tentu memerlukan literasi komputer, khususnya bagi guru dan peserta didik. Literasi komputer merupakan istilah yang sering digunakan untuk menerangkan pengetahuan dasar yang perlu diketahui orang awam (bukan “orang komputer”) mengenai komputer. Konsep literasi komputer lebih berkaitan dengan segi praktis penggunaan komputer, bukan perancangan dan pengembangan komputer itu sendiri (Sugilar dalam Murtiyasa).

9. Jelaskan secara singkat kapan dan bagaimana TIK digunakan untuk expository based learning

Expository based learning mempunyai siklus umum yang meliputi atensi, introduksi/penyampaian informasi, drill dan latihan, test dan pengayaan, pendidik (guru) dapat menggunakan TIK pada tiap siklus tersebut, misalnya bagaimana cara menarik atensi peserta didik, bagaimana tetap menjaga atensi peserta didik pada materi pembelajaran, dan sebagainya. Dalam upaya menarik atensi peserta didik, pendidik dapat menggunakan gambar, suara, animasi, atau video yang berhubungan dengan dunia nyata dan materi yang sedang dipelajari. Pada penyampaian informasi, pendidik dapat menggunakan TIK untuk presentasinya dengan lebih banyak melakukan visualisasi/gambar, simulasi, memungkinkan percobaan yang diulang-ulang, mengontrol situasi sedemikian hingga para peserta didik dapat belajar. Pada tahapan drill dan latihan dapat didesain sedemikian hingga ada respon langsung dari setiap jawaban peserta didik, serta diberikan petunjuk permainan atau langkah-langkah pengerjaan soal-soal latihan. Sedangkan pada siklus test, TIK dapat digunakan untuk merancang computer-assisted test; yang meliputi desain tes, administrasi tes, pengumpulan respon, analisis hasil, serta pemberian umpan balik (Murtiyasa).

10. Jelaskan secara singkat kapan dan bagaimana TIK digunakan untuk inquiry based learning !

Inquiry based learning umumnya mempunyai siklus pertanyaan/problem, investigasi, penyajian/penyampaian hasil, diskusi, dan refleksi. Pada tahap awal, TIK dapat digunakan untuk menunjukkan atau memberikan problem/pertanyaan yang berhubungan dengan kasus aktual atau kasus dunia nyata. Kemudian pada siklus investigasi atau pencarian, TIK dapat digunakan untuk memfasilitasi eksperimen, eksplorasi, atau pencarian informasi, baik secara on line (melalui internet) atau off line (melalui CD-ROM) dan sebagainya. Pada tahap penyajian/penyampaian hasil dan diskusi, TIK dapat digunakan untuk memfasilitasi presentasi dan mendemonstrasikan hasil seperti dalam bentuk paper, gambar, video, atau bentuk-bentuk lainnya.

11. Sebutkan fungsi dari web browser !

Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang berada di internet. Adapun fungsinya adalah untuk mengakses halaman web dari alamat-alamat web yang terhubung oleh jaringan Internet pada komputer pengguna (http://atikindah.tripod.com/web_browser.html/2006).

12. Jelaskan apa yang dimaksud dengan internet dan intranet !

Internet merupakan hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP yang berisikan informasi dan sebagai sarana komunikasi data yang berupa suara, gambar, video dan juga teks.

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet (mulai thn 1995). Atau bisa dikatakan Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berinternet dalam lingkungan lokal. Misal: koneksi dari kantor pusat ke kantor cabang dll. Umumnya juga terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet (http://id.answers.yahoo.com/2009).

13. Uraikan langkah-langkah menggunakan search engine untuk mencari file dengan ekstensi ppt !

a. Buka Browser seperti Mozila Firefox atau Internet Explorer

b. Kemudian masukkan alamat salah satu Search Engine ke dalam kolom addres misalnya www.google.com atau www.yahoo.com, dll.

c. Setelah muncul halaman Google ketikkan kata kunci informasi yang ingin dicari pada kolom yang telah disediakan misalnya pemanfaatan e-elarning dalam pembelajaran filetype:ppt

d. Tekan tombol Enter atau klik tombol Telusuri dengan Google

e. Setelah itu browser akan menampilkan alamat-alamat link yang sesuai dengan kata kunci, karena menggunakan tambahan “filetype:ppt” pada kata kunci yang dimasukkan, maka Search Engine akan mencari link pada file yang berekstensikan ppt (Power Point)

f. Klik salah satu halaman link yang diinginkan.

14. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CC dan BCC pada e-mail !

Cc: singkatan dari "carbon copy." Siapa pun yang terdaftar dalam kolom Cc: pesan, akan menerima salinan pesan itu apabila Anda mengirimkannya. Semua penerima lain dari pesan itu dapat melihat nama orang yang Anda tentukan sebagai penerima Cc: yang telah menerima salinan pesan tersebut.

Bcc: singkatan dari "blind carbon copy." Ini serupa dengan fitur Cc: kecuali bahwa, penerima Bcc: tidak terlihat oleh semua penerima lain pesan tersebut (termasuk penerima Bcc: yang lain). Misalnya, jika Anda mengirim pesan Kpd: arul_klen84@yahoo.com dan Bcc: janedoe@yahoo.com, maka johndoe melihat dirinya sebagai satu-satunya penerima pesan. Janedoe, sebaliknya, "tahu"—dia bisa melihat bahwa Anda sudah mengirim pesan Kpd: johndoe, dan Anda telah mengirim blind-copied atau salinan rahasia kepadanya. Untuk menambahkan entri dalam kolom Bcc:, klik link "Tunjukkan BCC" di kanan kolom "Kpd:" .

Catatan: Untuk mengirim pesan, Anda harus selalu menentukan sekurangnya satu penerima dalam kolom "Kpd:" . Jika tidak, akan muncul pesan kesalahan saat Anda akan mengirimkan pesan (http://help.yahoo.com/l/id).

15. Jelaskan apa yang dimaksud dengan milis ?

Milis : kependekan dari mailing list yang dapat diartikan sebagai daftar kelompok penerima surat elektronik. Millis memberikan kemudahan bagi para kelompok dunia maya/virtual untuk mengirim dan menerima pesan secara bersama-sama. Selain itu, Millis juga bermanfaat sebagai sarana diskusi secara elektronik antara guru dan siswa, serta antara siswa dan siswa dalam kelasnya/kelompoknya dan juga sebagai pooling, memberi pengumuman, dan pengiriman tugas-tugas.

Dibawah ini beberapa penyedia Millis gratis yaitu:

a. www.yahoogroups.com

b. www.googlegroups.com

c. www.topica.com

d. www.groups.or.id

e. www.altavista.com

1 comments:

Anonim mengatakan...

terima kasih sangat membantu

Posting Komentar

silahkan comment di sini

Template by:

Free Blog Templates