Sabtu, 28 Februari 2009

soal latihan kelas XII

Soal bahasa indonesia kelas XII

Bacalah wacana berikut dengan seksama!

Langganan Majalah Via Web

Dunia internet dan kemajuan teknologi digital tidak diragukan lagi telah merubah tataran media penerbitan. Konvergensi teknologi digital telah turut serta merubah cara pemasaran terbitan surat kabar dan majalah. Di abad digital tiras atau oplag majalah agaknya tidak dapat semata-mata diukur dari jumlah terbitan berwujud cetakan di atas kertas semata, namun mesti dihitung juga dengan pelanggan lewat dunia internet. Saat ini semakin banyak surat kabar dan majalah terkemuka dunia yang telah menjajakan terbitannya langsung lewat internet.

Tumbuhnya kebutuhan yang sesungguhnya muncul sejak awal tahun 2000-an telah diantisipasi oleh setidaknya dua web developer yang menyediakan aplikasi berbasis web dari as- newstand.com dan zinio.com untuk menjajakan majalah dan surat kabar dalam versi edisi digital on-line.

Kedua pebisnis internet ini mengelola web situs dan menyediakan aplikasi tambahan berbasis web dan flash hingga memudahkan pembaca menelusuri layaknya membuka lembaran majalah atau koran. Baik zinio.com maupun new stand menyatakan saat ini tengah tumbuh kebutuhan untuk mendapatkan terbitan koran dan majalah versi edisi digital. Bahkan sejak tahun pertama peluncuran layanan tahun 2002/2001 manajer pemasaran newstand.com mengklaim tingkat pertumbuhan pelanggan yang pernah mencapai 360 %.

  1. Tentukanlah pernyataan yang merupakan paragraf fakta dan pendapat dari teks di atas?
  2. Teks “Langganan Majalah Via Web” cobalah anda ringkas menjadi paragraf argumentasi?
  3. Jelaskan mengenai unsur-unsur karya sastra?
  4. Apa yang anda ketahui mengenai point of view dalam sebuah karya sastra? Beserta contohnya.
  5. Buatlah contoh naskah pidato dalam acara peringatan HUT RI ke 63?
  6. Jelaskan hal apakah yang perlu diperhatikan dalam melatih berpidato yang baik?
  7. Berdasarkan pengirim dan isinya, surat dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Jelaskan!
  8. Bagaimana sitematika penulisan surat dinas?
  9. …Sambil melingkarkan tas lusuh itu di pundaknya, Rahman menenteng tas kresek hitam berisi lima puluh potong pisang goreng hangat. Semua juga sudah tahu, Rahman selalu menitipkan gorengan dari ibunya ke warung tempat ia bersekolah. Cibiran teman-teman yang tak bersimpati kepadanya seperti tak pernah sanggup menggoyahkan prinsipnya. Baginya hanya dengan berdagang gorengan itulah ia tetap dapat sekolah…

Dari cuplikan cerpen diatas tentukan amanat yang terkandung didalamnya!

  1. Buatlah contoh surat dinas dengan topik ”permohonan izin sewa gedung”!

0 comments:

Posting Komentar

silahkan comment di sini

Template by:

Free Blog Templates