Selasa, 22 November 2011

MENGENAL KARYA ILMIAH DAN JENISNYA

MENGENAL KARYA ILMIAH DAN JENISNYA

Oleh: Dini Restiyanti Pratiwi

Tenaga Edukatif Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Surakarta


Selamat malam dan selamat berjumpa kembali dalam acara Pembinaan Bahasa Indonesia dalam Ruang Pelajar di Radio Republik Indonesia Surakarta bersama saya Dini Restiyanti Pratiwi dari Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Adik-adik pelajar yang budiman, materi yang akan saya sampaikan pada kesempatan malam ini mengenai ”Penulisan Karya Ilmiah”. Apakah Anda tertarik dengan kegiatan menulis karya ilmiah? dan Anda mengalami kesulitan?. Ikuti paparan saya dengan saksama.
Adik-adik pelajar yang budiman, sebagian pelajar beranggapan bahwa menyusun karya ilmiah dengan bahasa yang benar itu rumit dan menyusahkan. Sebagian dari mereka mengeluhkan setelah mendapat tugas untuk menyusun makalah atau karya ilmiah lainnya seakan-akan ”menyerah” sebelum ”bertempur”. Anggapan dan perasaan seperti itu terlalu berlebihan karena sebetulnya, menyusun karya ilmiah tidak jauh berbeda dengan menyusun karya yang lain, seperti karangan jurnalistik atau laporan perjalanan. Perbedaannya, dalam penyusunan karya ilmiah harus mengikuti metode ilmiah yang terdiri atas langkah-langkah untuk mengorganisasi dan mengatur gagasan melalui garis pemikiran yang konseptual dan prosedural yang disepakati oleh para ilmuwan. Jadi, siapapun akan dapat menyusun karya ilmiah asalkan mau mempelajari cara-caranya atau dibantu dengan bimbingan seseorang yang berpengalaman.
Adik-adik pelajar yang budiman, sebelum kita membicarakan bagaimana menulis karya ilmiah dengan baik, kita harus mengenal apa yang dimaksud karya ilmiah dan jenis-jenis dari karya ilmiah itu sendiri. Ada berbagai definisi yang ditulis para ilmuwan tentang karya ilmiah. Salah satu di antaranya dikemukakan oleh Brotowidjoyo (1985: 8-9) dalam bukunya yang berjudul ”Penulisan Karangan Ilmiah” menyatakan bahwa karya ilmiah adalah sebuah karya yang berisi karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang benar. Selain itu, dikatakan pula bahwa karya ilmiah harus ditulis secara jujur dan akurat berdasarkan kebenaran tanpa mengingat akibatnya (Arifin, 1998: 2). Kebenaran dalam karangan ilmiah adalah kebenaran yang objektif, positif, sesuai dengan data dan fakta di lapangan dan bukan kebenaran yang normatif.
Ada beberapa istilah dalam karya ilmiah yang biasa ditulis, di samping makalah dan skripsi, istilah karya ilmiah yang lain di antaranya kertas kerja, laporan penelitian, tesis, dan disertasi. Adik-adik pelajar yang budiman, perbedaan istilah-istilah karya ilmiah tersebut di antaranya Makalah, adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Artinya makalah menyajikan masalah melalui proses berpikir deduktif atau induktif. Makalah, biasanya disusun untuk melengkapi tugas-tugas ujian mata pelajaran atau mata kuliah tertentu untuk memberikan saran atau pemecahan suatu masalah secara ilmiah. Makalah, menggunakan bahasa yang lugas dan tegas. Jika dilihat dari bentuknya, makalah adalah bentuk yang paling sederhana di antara karya tulis ilmiah lainnya.
Kertas kerja, seperti halnya makalah, kertas kerja juga merupakan karya tulis ilmiah yang menyajikan sesuatu berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Analisis dalam kertas kerja lebih serius daripada analisis dalam makalah. Kertas kerja ditulis untuk disajikan dalam suatu seminar atau lokakarya. Berbeda lagi dengan skripsi, skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung maupun penelitian tidak langsung. Skripsi biasanya ditulis untuk melengkapi syarat guna memperoleh gelar sarjana muda/diploma atau sarjana yang penyusunannya dibimbing oleh tim dosen dalam suatu lembaga pendidikan tinggi.
Istilah karya ilmiah selanjutnya tesis adalah karya ilmiah yang sifatnya lebih mendalam daripada skripsi. Tesis akan mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri. Karya tulis ini akan memperbincangkan pengujian terhadap satu hipotesis atau lebih dan ditulis oleh mahasiswa fakultas pascasarjana.
Adik-adik pelajar yang budiman, istilah karya tulis yang terakhir adalah disertasi. Disertasi merupakan karya tulis ilmiah yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang sahih dengan analisis yang terinci. Dalil yang dikemukakan biasanya dipertahankan oleh penulisnya dari sanggahan-sanggahan senat guru besar/penguji suatu pendidikan tinggi. Disertasi ini berisi suatu temuan penulis sendiri yang bersifat orisinal. Jika temuan orisinal ini dapat dipertahankan oleh penulisnya dari sanggahan penguji, maka penulisnya berhak menyandang gelar doktor. Dari semua jenis karya tulis tersebut, hendaknya disusun secara cermat dan logis.
Adik-adik pelajar yang budiman, selain mengetahui istilah dalam karya tulis ilmiah kita juga perlu mengetahui jenis karya tulis ilmiah. Berikut ini akan saya paparkan beberapa jenis karya tulis ilmiah, Pertama, jenis karya tulis ilmiah hasil penelitian atau eksperimen. Karya tulis ilmiah jenis ini berisi hasil dari sebuah penelitian atau percobaan atau pengujian dengan perlakuan tertentu untuk mendapatkan fakta, pengertian, atau prinsip baru. Kedua, Karya tulis ilmiah yang berupa hasil survey. Karya tulis ilmiah ini berupa hasil pengamatan, pengumpulan, analisis, pemeriksaan data atau informasi atas berbagai gejala fisis dan sosial untuk mengetahui kondisi, situasi, bentuk, nilai, atau keterangan lain tentang sesuatu hal atau masalah. Ketiga, jenis karya tulis ilmiah tinjauan pustaka. Karya tulis jenis ini bersisi analisis berbagai data, kemudian informasi diperoleh dari berbagai sumber pustaka /referensi tentang sesuatu hal atau masalah untuk menetapkan atau mengevaluasi hasil penelitian tentang masalah yang diselidiki tersebut.
Keempat, karya tulis ilmiah rancang bangun. Karya tulis ilmiah ini merupakan kegiatan rancang bangun yang dianalisis mengikuti metode ilmiah dan nalar ilmiah dan teknologi untuk menciptakan, memodifikasi peralatan, instrumen, sistem, proses, atau prasarana. Kelima, karya tulis ilmiah bahasan teoritis. Karya tulis ilmiah ini dilakukan dengan pembahasan teoritis secara ilmiah tentang suatu hal atau masalah untuk meninjau atau mengupas berbagai aspek dari masalah tersebut. Keenam, jenis karya tulis ilmiah laporan teknis. Karya tulis ilmiah ini berisi laporan tentang data dan informasi teknis pelaksanaan suatu penelitian atau kegiatan rutin  yang terencana ataupun yang fenomenanya telah diketahui untuk mendapatkan informasi tentang pelaksanaan kegiatan tersebut. Ketujuh, karya tulis ilmiah jenis ilmiah ringkas. Dalam karya tulis ilmiah ini laporan ilmiah ditulis secara ringkas, akan tetapi substansinya tetap utuh.
Adik-adik pelajar yang budiman, itulah tadi paparan saya mengenai istilah dan jenis dalam karya tulis ilmiah. Masih banyak hal yang harus kita kupas mengenai penulisan karya tulis ilmiah. Dalam pertemuan yang akan datang kita akan membicarakan tahap-tahap penyusunan karya ilmiah yang terdiri dari persiapan, pengumpulan data, pengorganisasian dan pengonsepan, pemeriksaan dan penyuntingan konsep, serta penyajian atau pengetikan.
Adik-adik pelajar yang budiman, demikianlah siaran Pembinaan Bahasa Indonesia lewat Radio Republik Indonesia Surakarta semoga bermanfaat bagi adik-adik pelajar dan pendengar sekalian. Selamat malam dan terimakasih.
Sumber
Arifin, Zaenal. 1998. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo
Brotowidjoyo, Mukayat. 1985. Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Akademika Pressindo

Rochestry Sofyan ”Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah” (http://www.google.co.id/search?q=penulisan+karya+tulis+ilmiah&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a) (Senin, 15 Februari 2010, pukul 14.31)

0 comments:

Posting Komentar

silahkan comment di sini

Template by:

Free Blog Templates